Cart (0) Close

No products in the cart.

Cart (0) Close

No products in the cart.

Home Artikel Mengenal Bahan Tembaga

Mengenal Bahan Tembaga

  1. Sejarah

Tembaga adalah salah satu logam yang sangat penting dan berperan besar dalam sejarah manusia dan termasuk logam yang pertama kali ditambang. Tembaga sudah digunakan sejak 10.000 tahun yang lalu. Sebuah kalung tembaga yang ditemukan di irak diperkirakan di buat pada masa 9500 SM. Tembaga (cuprum)memperoleh namanya dari nama dari nama pulau SIPRUS dimana ia pertama kali dihasilkan. Cyprium kemuian di singkat menjadi cuprum.

Tembaga berperan besar dalam peradaban manusia terutama pada zaman perunggu (3000 – 1000 SM). Pada masa tersebut tembaga dipadukan dengan timah menjadi perunggu. Perunggu kemudian diolah menjadi berbagai perlatan, senjata, koin, instrumen musik dan perhiasan.

 

  1. Krakteristik

Tembaga adalah unsur kimia simbol CU dengan nomor atam 29. yang diketemukan sebagai bijih yang masih bersenyawa dengan zat asam. Tembaga memiliki sifat penghantar listrik dan panas yang tinggi, keoletan yang tinggi dan sifat tahanan korosi yang baik, Sehingga menukar panas dalam memanfaatkan hantaran listrik dn panasnya yang baik. Biasanya dipergunkan dalam bentuk paduan, karena dapat dengan mudah membentuk paduan dengan logam logam lain diantaranya dengan logam PB dan logam SN. Tembaga juga memiliki sebesar titik leleh 1084,632 Oc.

 

  1. Cara Pembuatan

  • Pengapungan (Fiotasi)

Bijih diserbukkan sampai hlus kemudian dimasukkan ke dalam campuran air dan minyak. Bagian bijih yang mengandung tembaga akan diselaputi oleh minyak sedangkan zat pengotornya terbawa oleh air. Udara ditiupkan ke dalam campuran dan mineral yang diselaputi minyak tadi di bawa kepermukaan oleh gelembung gelembung udara dan mengapung, sedangkan zat zat pengotor di endapkan di bagian bawah. Dari pengapungan ini dapat diperoleh bijih pekat yang mengandung 90 – 40% CU.

  • Pemanggangan

Bijih pekat hasil pengapungan selanjutnya dipanggang daun terjadi reaksi. 4Cu2FeS2(S) + 902(9) > 2(u2S(S) + 2Fe2 O3(S) + 6SO2(9)

  • Reduksi

Cu2S yang terjadi dipisahkan dari Fe2O3 kemudian dipanaskan dan dialiri udara dan terjadi reduksi menjadi logam tembaga.

2Cu2S(S) + 302(9) . 2Cu20(S) + 2502(9)

Cu2S(S) + 2Cu2O(s) + 6Cu(s) + SO2(9)

 

  1. Tips Perawatan

  • Banyak produk pembersih khusus tembaga dijual di toko. Kalau anda memutuskan menggunakan produk ini, pastikan anda mengikuti petunjuk labelnya.
  • Anda juga dapat menggunakan jeruk lemon dan garam untuk membersihkan tembaga. Cukup tambahkan garam (sebaiknya garam laut) keatas belahan setengah Jeruk Lemon, lalu gosokkan ke permukaan tembaga, Selanjutnya bilas dengan air hangat dan keringkan dengan kain lembut.
  • Untuk membuatnya berkilau, gosok logam tembaga dengan campuran tepung terigu, garam, dan cuka, lalu poles menggunakan kain lembut bersih.
  • Anda juga dapat memoleskannya menggunakan kertas koran yang telah diremas remas menjadi bola kecil. Metode ini sudah dipakai sejak zaman nenek moyang kita untuk membersihkan jendela.
  • Manfaat saus tomat. Kandungan cuka didalam saus tomat membantu membersihkn tembaga. Tuang saus tomat ke atas tembaga sehingga membentuk lapisan tebal. Diamkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air bersih.

 

  1. Perbedaan Asli atau Palsu

Tembaga murni memiliki sifat halus dan lunak. Logam jenis ini sangat bagus untuk dijadikan konduktur panas dan listrik. Keberadaan logam tembaga sangat sering ditemukan dalam material material listrik. Karena memiliki kemampuan yang efektif menimbulkan listrik.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published.